Dengan jumlah penduduk sekitar 270 juta jiwa, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia (setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat). Selain itu, karena sekitar setengah dari total penduduknya berusia di bawah 30 tahun, negara ini dianggap memiliki penduduk muda. Jika digabungkan, kedua ciri ini menunjukkan bahwa Indonesia saat ini memiliki angkatan kerja yang besar; salah satu yang hanya akan tumbuh lebih besar di masa mendatang.
Potensi tenaga kerja yang besar dan kurangnya lapangan kerja formal di dalam negeri menjadikan bekerja di luar negeri sebagai pilihan ideal bagi banyak masyarakat Indonesia. Tenaga kerja Indonesia diunggulkan di berbagai sektor pekerjaan karena kesopanan, kesabaran, ketaatan, dan kemampuan belajarnya; yang dibentuk oleh budaya dan tradisi etnis mereka. Ciri-ciri tersebut tentunya sangat menentukan kemampuan seseorang dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja dan tempat tinggal yang baru. Oleh karena itu, lebih dari tujuh juta orang Indonesia bekerja sebagai pekerja asing di seluruh dunia (misalnya Asia Pasifik, negara-negara Arab di Teluk Persia, Afrika, dll.).
PDS memiliki sejarah lebih dari dua dekade, yang dimulai ketika kedua pendiri perusahaan melihat peluang untuk mengeksplorasi dan mendalami bisnis pasokan tenaga kerja saat bekerja di luar negeri. Kembali ke Indonesia dengan misi mendirikan perusahaan jasa ketenagakerjaan, pada tahun 1997 para pendiri membentuk perusahaan yang kemudian menjadi pendahulu PT. Prima Duta Sejati (PDS). PDS didirikan pada tahun 1999 dan berlokasi di Gempol, Jawa Timur – Indonesia.
Sejak tahun 1999 hingga pertengahan tahun 2016, PDS telah menempatkan lebih dari 100.000 pekerja di luar negeri (Hong Kong, Taiwan, Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, UEA, Arab Saudi, Aljazair, dll.), dilatih dan ditempatkan melalui kantor pusat, 9 regional kantor, dan 7 pusat pelatihan yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Sesuai dengan komitmen pemerintah untuk mengurangi penempatan “informal” ke luar negeri sejak tahun 2017, PDS berkomitmen untuk mendukung upaya tersebut, dengan memfokuskan strategi dan sumber dayanya dalam pelatihan dan penempatan pekerja terampil yang kompeten dan berkualitas.
Membangun sumber daya manusia yang berkualitas internasional dalam menghadapi persaingan global.
Memimpin perusahaan menjadi perusahaan yang diakui secara global dengan sumber pelatihan dan lapangan kerja di seluruh dunia serta untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada.
Kami berdedikasi untuk melayani para pekerja migran indonesia, pelanggan, dan komunitas kami dengan tingkat pelayanan terbaik: pelayanan, pengetahuan, profesionalisme, kejujuran, dan integritas. Kami berkomitmen untuk tetap menjaga kepuasan semua shareholder dengan menjaga reputasi kami sebagai mitra yang bersedia dan terpercaya dengan prinsip dan integritas yang tinggi.
Fasilitas pelatihan sangat penting dalam menciptakan pekerja yang berkualitas dan kompeten, mempersiapkan mereka dengan keterampilan kritis yang diperlukan untuk bekerja di luar negeri dan yang tidak dapat diperoleh di sekolah.
Pada tahun 2001, PDS pindah ke area seluas 17.000 m2 dengan total luas bangunan 12.000 m2 (termasuk kantor, fasilitas pelatihan, asrama, dll.) dan mampu menampung lebih dari 1.200 orang dan hampir 100 staf. Yang termasuk dalam pusat pelatihan adalah: 35 kelas lengkap dengan laboratorium bahasa, kelas memasak, kelas caregiver, kelas baby sitter, fasilitas pelatihan rumah sakit mini lengkap untuk perawat dan caregiver, fasilitas pelatihan spa, hospitality, barista, 2 ruang makan, 210 kamar mandi, 1 lapangan basket, 1 lapangan bulutangkis, 3 asrama (total 1200 tempat tidur), 1 musala, 1 mini market, 1 perpustakaan dan lain-lain.
Saat ini, PDS sedang membangun satu lagi fasilitas pelatihan ala rumah sakit untuk melatih perawat yang kami rekrut dengan tujuan untuk bekerja di negara-negara yang secara medis lebih maju dari Indonesia seperti Jepang dan Singapura. Fasilitas ini akan dilengkapi dengan peralatan medis yang canggih, yang biasanya digunakan di rumah sakit, klinik, dan panti jompo di negara-negara tersebut.
Selain pusat pelatihan kami di Gempol, PDS memiliki 7 pusat pelatihan regional tambahan yang dapat menampung hingga 2470 peserta pelatihan.
Staf PDS, termasuk pelatih, instruktur, dan staf administrasi sama pentingnya dalam menciptakan pekerja berketerampilan tinggi. Kantor pusat PDS didukung oleh 40 staf administrasi yang menangani setiap divisi sesuai negara tujuan, 35 instruktur bersertifikat pemerintah yang memiliki pengalaman di luar negeri, dan pelatih veteran; semuanya mempunyai peran langsung dan signifikan dalam pelatihan dan penempatan pekerja kami di banyak negara, termasuk namun tidak terbatas pada: Jepang, Taiwan, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Aljazair, Korea, Kerajaan Arab Saudi, Dubai, dan banyak lagi.
PDS menerapkan persyaratan ketat dan pelatihan yang sehat bagi calon pekerja yang ingin bekerja di luar negeri. Seleksi pekerja dilakukan dengan sangat hati-hati untuk menjamin kualitasnya. Selain itu, PDS memiliki kurikulum pengajaran bahasa asing yang telah terbukti efisiensinya selama bertahun-tahun. Kurang dari 3% pekerja kami gagal dalam pekerjaannya karena ketidakmampuan berbahasa.
PDS juga mampu mengakomodasi permintaan klien di luar negeri untuk merekrut dan melatih pekerja di sektor keterampilan dan pekerjaan yang selama ini belum termasuk dalam repertoar kami. Kami terus meningkatkan diri sehingga memberi kami keunggulan dalam persaingan.
Chief Executive Officer
Director
East-Asia Division
South East Asia and South America Division
Finance and Recruiting Division
European, Australia, New Zealand Division
Hospital/Senior Home Caregiver Division
Japan Division
Japan Division
Japan Division
Construction Recruitment Division
South Korea Division
Middle East Division
GCC Countries Division
African and Constrution Division